Tutorial Mengonvert Video dengan Nero
Semangat pagi sobat klikdrag.com !
Bagi sobat yang ingin mengupload koleksi film atau video rekaman namun terkendala dengan ukuran video yang terlalu besar sehingga cukup merepotkan jika kita “hanya” memiliki sedikit quota dan akses internet yang lemooot, ibaratnya “sudah jatuh, tertimpa tangga”, maka cara jitu yang paling cepat yaitu dengan mengonvert  video tersebut sebelum menguploadnya, dengan harapan ukurannya bisa menjadi lebih kecil, sehingga bisa menghemat quota.
Ada banyak software yg dapat digunakan untuk mengonvert video, salah satunya yang terlalu mainstream adalah format factory, namun kerapkali output dari software ini kurang maksimal lantaran begitu banyaknya setting yang kadang membuat bingung bagi user yang masih awam. Ada juga software Winff yang memiliki setting yang sangat sederhana namun kualitas outputnya cukup baik, tapi kendalanya pada proses converting yang cukup lama yang terkadang melebihi lamanya render video di adobe premiere :D.
Salah satu software yang cukup populer yaitu nero. Nero biasanya lebih dikenal sebagai software untuk mem-burning CD atau DVD, namun sebenarnya Nero dapat juga digunakan untuk convert film atau video. Hasil convert dari Nero ini sangat baik dengan ukuran output yang lebih kecil dan proses converting cukup singkat. Hanya saja, software ini tidak gratis, alias harus bayar untuk dapat menggunakannya,  namun sobat bisa mencobanya gratis selama 30 hari.
Baiklah mari kita mulai cara bagaimana mengonvert video di Nero. Jangan lupa untuk mengawali setiap pekerjaan anda dengan berdoa, serta usahakan kopi dan cemilan selalu menyertai anda.

1.  Siapkan komputer/laptop yang sudah terinstal Nero, di sini kami menggunakan Nero Versi 12. Kemudian buka program Nero 12
Membuka program Nero

2.   Jika sudah maka muncul Interface nero 12, maka pilih Nero Recode
Interface Nero 12
3.  Setelah muncul interface Nero Recode, maka akan tampak dua pilihan untuk memasukan video yang akan diconvert ke dalam nero, pertama bisa dengan men-drag langsung video tersebut ke dalam Interface Nero Recode, atau dengan meng-click 2 dua button pada interface Nero Recode. Maka terlihat pilihan “Recode Disc” dan “Convert Media Files”
  •  Recode Disc digunakan apabila kita bermaksud mengonvert video dari kepingan CD, DVD, atau Blue Ray
  • Convert Media Files digunakan apabila kita ingin mengonvert koleksi video dari hardisk pc atau laptop, maka bisa digunakan pilihan “import video files”
Pada kesempatan ini, kami pilih “import video files” karena akan mengonvert video dari koleksi video kami.
Mengimport video di nero recode

4.  Lalu pilih video yang akan kita convert, sebagai contoh kami akan mengonvert video dengan nama “beruntungnya aku” dengan ektensi MP4, ok click videonya lalu pilih open.
Mengimport video di nero recode

5.  Video telah diimport, kemudian kita bisa lihat pada global output setting ada berbagai pilihan
  • Device --> Apabila diklik maka akan tampil berbagai pilihan, misalnya Android jika kita ingin bermaksud untuk mengonvert video agar sesuai dengan device android umumnya. , lalu ada juga windows phone, apple ipad, dll
  • Profile --> jika diklik maka akan mengikuti profile device yang sebelumnya telah dipilih
  • Edit profile --> yakni custom profile yang dapat kita edit sesuai selera.
  • Quality --> untuk mengatur kualitas output, ada fit to target yang biasanya ukurannya akan membengkak karena biasanya disesuaikan untuk DVD kualitas baik, lalu ada very good yang berarti sangat baik, good berati bagus, moderate berarti biasa, low berarti kualitas rendah, dan very low beararti kualitas sangat rendah.
Oke pada kesempatan ini kita akan memilih Computer Video File pada Device untuk memperoleh format umum video pada komputer, lalu pada pilihan profile kita pilih MPEG-4 agar lebih mudah diunggah di youtube.
Pada pilihan quality, kita pilih moderate atau good dengan konsekuensi pada perbedaan ukuran yang cukup signifikan.
Pada kolom source yang ada di sebelah kanan, kita bisa lihat properti atau informasi dari file video yang akan kita convert, bisa kita lihat nama file, ukuran, bitrate dll.
Pada kolom target kita juga bisa lihat estimasi ukuran file output dari video yang akan kita convert. Kita bisa lihat size video yang awalnya 217 MB diestimasi menjadi 87,48 MB, hmmm lumayan bukan.
FYI kita juga bisa langsung playbak Video di Nero Recode ini atau sedikit mengeditnya seperti Crop dan Trim.
Oke kalau sudah kita langsung eksekusi dengan menklik OK
Interface utama nero recode

6.  Kemudian kita eksekusi dengan mengklik Start Encoding.
Pada tahap ini prosesnya relatif lama, maka anda disarankan menyantap cemilan dan menyeruput kopi anda, karena itulah gunanya cemilan dan kopi yang disediakan di awal tutorial ini :D
Proses Encoding

Silakan anda menunggu hingga selesai, dan jika sudah silakan tutup program Nero Recode.
Selamat Mencoba


Advertisement

1 komentar:

Jika berkunjung jangan lupa meninggalkan jejak di kolom komentar yah :D

 
Top