Sob, saya mau membagi ilmu sedikit yang pernah saya pelajari yaitu sebuah komposisi dalam fotografi yang artinya itu cara menata elemen-elemen di gambar, ini sangat penting sekali didalam sebuah fotografi karena dari sebuah komposisi, hasil dari foto kita tersebut bisa di lihat menarik atau tidaknya. Nah, cangkupan dari komposisi banyak sekali elemen-elemennya seperti elemen warna, garis, bentuk, dan terang atau gelap.
Jika foto anda ingin sesuai perasaan anda dan pastinya anda puas jika itu sesuai keinginan, gunakanlah komposisi visual impact yang berarti kemampuan menyampaikan perasaan, ekspresikanlah yang anda inginkan dan itu sangatlah baik sob untuk kualitas memotret anda hehehe..
Tapi ingat ya saat kita memfoto dan waktu itu selalu fokus dengan ekspresi diri-sendiri tapi meninggalkan kesan komposisi yang baik, malah itu menjadi tidak baik, harus di hindari hal seperti itu.
Untuk lebih baiknya, anda carilah objek-objek tambahan yang menarik biar bagus hasilnya di lokasi yang sudah anda rencanakan, kalau tidak ada, bisa pindah tempat tapi harus sesuai dengan tema anda sebelumnya dan pastinya objek tambahan harus mendukung untuk foto yang akan anda potret.
Dalam komposisi juga foto harus memiliki kesan, baik kesan mengejutkan, statis ataupun diam dan pastinya foto yang berkomposisi itu memiliki titik perhatian sehingga dapat menarik perhatian bagi yang melihatnya hehehe..






Panduannya Nihh Sob

* Sederhana
Jangan kebanyakan titik perhatian saat mengambil fotonya, itu malah membuat sulit bagi yang melihat foto anda, hindarilah sob hehehe.. Jadi semakin sederhana itu foto anda mudah di pahami bagi yang melihatnya karena fokus pada titik perhatian si foto tersebut.

* Tarik Perhatian
Tarik perhatian ini ibarat kalau sebuah kendaraan itu kendaraannya di modifikasi menjadi terlihat indah, aneh, atau sebagainya. Begini ya sob, seperti yang sudah saya ketik barusan tentang elemen warna, garis, bentuk, dan terang atau gelap itu anda masukan saja kedalam foto yang mau anda potret jika ada sihh di tempatnya, kalau tidak ada cari saja di tempat lain yang tempatnya mempunyai elemen-elemen tersebut jika ingin bagus sihh hehehe..

* Frame harus Terisi Penuh
Maksudnya begini, terkadang foto-foto yang tanpa background malah menjadi suatu yang kuat kesannya. Jadi, kesederhanaan sangat diperlukan untuk sebuah foto biar hasilnya tidak berlebihan yang akhirnya menjadi aneh hehehe..

* Ruang
Untuk ruang memang bagi para pemula terkadang sering sekali tidak di perhatikan sehingga ruang yang kosong mendominasi seakan terlihat tidak enak dilihat. Jadi harus di perhatikan ya tentang ruang di sekitar.

* Garis Frame
Ini mungkin menjadi suatu kebiasaan, saat kita memfoto menurut kita momen sudah bagus dan sudah ditekan shutternya malah ada sesuatu yang bocor di sekitar garis frame dan itupun tanpa alasan, baik itu bagian tubuh kita atau yang lainnya yang menggangu. Ya harus cek dulu sebelum memfoto intinya di sekitar garis frame tersebut.

* Seirama 
sudah bagus tapi ada elemen-elemen yang tidak seirama, ya itu tetap saja tidak bagus. Mubazir deh foto kita hehehe.. Harus di tutupi ataupun tuhh jika ada elemen-elemen yang tidak seirama.

* Fokus Foto 
dimanakah letak fokus fotonya? biasanya sih di sekitar wajah dan tepatnya pada matanya yang menjadi pusatnya.

* Pusat Perhatian
Tentulah kita tahu pusat perhatian foto kita, pasti daerah yang terang yang
menjadi pusatnya dibandingkan yang gelap. karena memang pusat terang itu suatu yang mendominasi.

* Titik Pandang
Titik pandang atau bisa disebut juga Point Of View itu sebaiknya dimaksimalkan dan carilah titik pandang yang menarik agar foto kita terlihat indah hehehe..

* Background
Kalau masalah ngomongin background, tentulah yang memperkuat kesan foto kita salah satunya ya background tersebut. Usahakanlah juda background foto kita jangan sampai mempengaruhi objek utamanya atau mematikannya.

* Pola
Untuk pola, jadi kita itu baiknya harus kenali sebuah pola misalnya pola simetri dan tentunya kenali juga pola yang terulang.

* Memotret
Memotret perlulah kesan, misalnya kesan lebar ataupun tingi. Untuk kesan lebar potretlah sebuah foto secara horisontal dan kalau yang tinggi ya tentunya secara vertikal hehehe..

* Pemanfaatan
Carilah yang bisa bermanfaat untuk foto kita yang akan menjadi lebih indah, misalnya garis dan lengkungan. Itu bermanfaat sekali sob hehehe..

* Hindarilah
Hindari ya sob titik perhatian maupun garis horison berada di tengah-tengahnya foto atau jangan sampai bentrok dengan objek yang penting di dalam foto, karena semuanya itu bisa merusak foto anda. baiknya sihh untuk garis horison itu adanya kita letakan di sepertiga bawah ataupun di sepertiga atas.

* Terakhir
Ya tentunya sihh pengecekan, sebelum memotret cek terlebih dahulu juga mengenai viewvindernya apakah sudah sesuai dengan tampak keinginan anda sebelum menekan shutternya hehehe..

Memotret Orang

* Close Up
Pengambilan foto : Dari atas kepala hingga bahu.


Contoh Foto Close Up

* Medium Shot
Pengambilan foto : Dari atas kepala hingga lutut.


Contoh Foto Medium Shot


* Long Shot
Pengambilan foto : Dari atas kepala hingga kaki.

Contoh Foto Long Shot


Angle

Sudut pandang pastinya menggambarkan sudut sejauh mana situasi yang dapat dicitrakan oleh kamera.

* Low Angle
Pengambilan foto : Dari bawah ke objek lebih tinggi dari posisi kamera.

Contoh Foto Low Angle

* High Angle
Pengambilan foto : Pemotret berada pada posisi yang lebih tinggi dari objek foto.

Contoh Foto High Angle

Advertisement

4 komentar:

  1. wah.. keren nih.. terimakasih ilmunya yah gan (h) (o)

    ReplyDelete
  2. Wah makasih banget ilmunya gan. Saya memang lagi pingin sekali belajar fotografi. Di tunggu update selanjutnya...

    ReplyDelete

Jika berkunjung jangan lupa meninggalkan jejak di kolom komentar yah :D

 
Top