Android Marshmallow
Sistem operasi mobile besutan Google yakni android kini mendapatkan update terbarunya. Google memang dikenal paling cepat dalam melakukan update, lantara belum lama ini Google dikabarkan resmi merilis update tarbaru untuk Android yang dinamainya dengan “Marshmallow” sebagai penerus dari Android “Lolipop”. Seperti biasa Google memakai nama-nama makanan pada versi OS buatannya, hal ini seakan-akan menjadi ciri khas tersendiri untuk sistem operasi mobile buatannya, namun demikian tidak disebutkan apa alasan Google memilih nama “Marshmallow”.

“Marshmallow” digadang-gadang membawa berbagai fitur menarik yang tidak tersedia di Android versi sebelumnya, di antaranya ialah dukungan terhadap USB Type C yakni konektor terbaru yang memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan konektor Micro USB, seperti proses pengisian ulang baterai yang lebih cepat, juga dapat digunakan sebagai powerbank sehingga dapat mengisi ulang baterai ponsel lain.

Google juga membenamkan fitur “Doze” pada Android “Marshmallow”. Fitur ini memungkinkan untuk menghemat penggunaan baterai ketika ponsel pada kondisi Standy By atau Sleep, dengan mematikan sebagian proses background. Fitur ini  sangat membantu terutama karena umumnya ponsel-ponsel Android memang sedikit rakus baterai.

Fitur-fitur lain yang telah dibenamkan pada Android “Marshmallow” adalah Android Pay yaitu teknologi pembayaran digital dengan memanfaatkan NFC, Sensor Sidik Jari (Fingerprint) yang dioptimalkan untuk Android Pay, App Persmissions yang dapat di-kustomisasi, dan Autobackup yang memungkinkan ponsel Android menyimpan data atau aplikasi di Google drive sehingga anda tidak perlu lagi menyeting dan menginstall berbagai aplikasi apabila anda melakukan reset atau install ulang, karena dengan fitur ini, anda hanya perlu mengembalikan atau me-restore data dan aplikasi yang sebelumnya telah di-backup di google drive.

Last,
seperti dikutip dari gadgetgan.com (10/27), hingga saat ini Android M baru dirilis sebatas versi Developer Preview dan hanya tersedia untuk perangkat-perangkat tertentu saja yaitu Nexus 5, Nexus 6, dan Nexus 9. Dengan segala keunggulan dan berbagai perbaikan dari versi sebelumnya, Android M ini patut kita nantikan. Ah jadi gak sabar nunggu versi finalnya broo...

Advertisement

1 komentar:

  1. Jadi gak sabar OS ini diterapkan di berbagai smartphone.. :d

    ReplyDelete

Jika berkunjung jangan lupa meninggalkan jejak di kolom komentar yah :D

 
Top