Illustrasi (Technewstoday.com)
Klikdrag.com - Sejak mengakuisisi divisi ponsel nokia pada April 2014 yang diduga bernilai US$ 7,5 milyar, raksasa software Microsoft kian gencar menelurkan deretan produk terbaru dari seri ponsel lumia. Seperti dikutip dari windowscentral, Microsoft kembali akan merilis dua ponsel flaghsip terbarunya yang diberi nama lumia 950 dan lumia 950XL.

Dua ponsel premium dari Microsot ini akan dijejali hardware-hardware kelas wahid, misalnya processor Snapragon 808 Quadcore untuk lumia 950, dan Snapdragon 810 Quadcore untuk lumia 950XL yang ditopang oleh ram sebesar 3Gb serta memory internal 32Gb yang masih bisa diekspansi dengan slot memory eksternal.
Dari segi konektivitas juga tidak ketinggalan karena sudah didukung teknologi terbaru saat ini yaitu 4G LTE yang dapat menembus kecepatan 300Mbps. Teknologi layar yang digunakan pada dua ponsel ini dibenamkan layar Amoled capasitive touchscreen yang dibekali teknologi Clearblack display khas lumia sehingga ponsel akan tetap terbaca dengan jelas meski di bawah terik sinar matahari langsung tanpa tedeng aling-aling. Tidak hanya itu, untuk layar pada ini juga telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 4 sebuah teknologi mumpuni dari Corning yang terbukti melindungi layar ponsel dari segala bentuk goresan sehingga layar ponsel akan aman dari goresan benda tajam maupun tumpul tanpa harus menggunakan anti gores tambahan. Yang membedakan antara lumia 950 dan lumia 950 XL terdapat pada ukuran layarnya dimana lumia 950 sebesar 5,2 inch sedangkan lumia 950 XL sedikit lebih besar yaitu 5,7 inchi, keduanya memiliki resolusi sebesar QHD yaitu 1440 x 2560 piksel.


Dari sisi kamera juga tidak luput dari perhatian Microsoft, dimana microsoft mengusung lensa ternama carl zeis berkemampuan 20MP untuk kamera depan dengan ditopang oleh teknologi pureview dari lumia yang dapat merekam hingga 2130p @30fps. Sedangkan kamera depannya dijejali 5MP yang dapat merekam video hingga 1080p, cukup asyik untuk ber-selfie ria.

Untuk urusan daya, baterai 3000Mah untuk lumia 950 dan 3340 Mah untuk lumia 950 XL ditugaskan untuk menopang  hardware-hardware kelas berat yang dijanjikan microsoft akan cukup awet dengan waktu stand-by hingga  288 h (2G) / Up to 288 h (3G).

Dengan segudang fitur dan teknologi yang mumpuni serta didukung oleh hardware yang terbaik di kelasnya, kira-kira berapa banderol yang pantas untuk kedua ponsel flaghship terbaru Microsoft ini?. Kabarnya di Amerika sana lumia 950 dibanderol dengan harga US$ 549 atau setara dengan 7,5 juta rupiah, sedangkan lumia 950 XL  sedikit lebih mahal yakni US$ 649 atau setara dengan 8,8 juta rupiah dengan kurs US$ 1 = 13600 Rupiah. Wah mahal juga ya, kira-kira berapa ya kalau dipasarkan di Indonesia.

Sistem Operasi Windows 10
Windows 10 Mobile (Thesilverink.com)

Seperti ponsel-ponsel lumia pada umumnya, lumia 950 dan 950 XL akan dipersenjatai sistem operasi Windows, namun kedua ponsel ini akan disuntik dengan OS Windows terbaru yakni Windows 10. Keunggulan sistem operasi mobile besutan microsoft ini terkenal pada kelembutan proses (Smooth) dan memiliki manajemen memory yang cukup baik, sehingga biasa disebut anti lag. Hal ini telah dibuktikan sendiri oleh penulis. Sebagai gambaran penulis ketika menggunakan Windows phone seri low end yaitu lumia 620 yang dipersenjatai dengan OS Windows Phone 8,1 dan ditopang oleh ram yang “hanya” 512 MB, kemudian ditest dengan membuka 3 aplikasi sekaligus yaitu browser, facebook, music secara bersamaan, maka sama sekali tidak terasa adanya lag ketika switch atau berpindah dari satu apliksi ke aplikasi lainnya.

Namun tak ada gading yang tak retak, perumpaman ini rasanya pas sekali untuk OS besutan microsoft ini. Hal ini lantaran masih sangat minimnya pilihan aplikasi pendukung untuk OS Windows phone bila dibandingkan dengan OS lainnya misalnya IOS dan Android, namun untuk aplikasi sehari-hari untuk sosmed dan produktivitas, Windows phone relatif sudah cukup untuk mengakomodir kebutuhan tersebut.

Last, dengan kehadiran dua ponsel terbaru ini, sanggupkan Microsoft dengan Windosws Phonenya mengejar ketertinggalan dalam hal market share dari OS kompetitor seperti IOS dan Android?.... wah rasanya sih...., masih jauh panggang dari api ya? ... Namun patut diikuti nih perkembangannya..., persaingan kini semakin seru.

Salam Semangat ! Klikdrag.com

Advertisement

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment

Jika berkunjung jangan lupa meninggalkan jejak di kolom komentar yah :D

 
Top