BlackBerry Priv
Klikdrag.com - Siapa yang tak kenal blackberry, ya ponsel yang sempat menjadi trend pada zamannya. Pada masa kejayaannya, siapapun yang memiliki ponsel Blackberry akan merasa sebagai orang paling gaul baik di sekolah maupun di kampus, hehe ini terjadi khususnya di Indonesia. Pin BB lu mana? hiks

Pada tahun 2007 hingga 2009 silam, Research In Motion (RIM) perusahaan asal Kanada sang pembesut ponsel Blackberry mengalami puncak kejayaannya, hal tersebut ditandai dengan dikuasainya 44 persen pangsa pasar smartphone di Amerika seperti dikutip dari data lembaga riset NDP Group pada tahun 2009. Namun pada saat pula Apple memperkenalkan produknya yang kini sangat populer yakni Iphone, tepatnya pada tahun 2007, setelah itu giliran Google yang merilis Android yang saat ini menjadi raja ponsel. Keduanya baik Iphone maupun Android mengalami kemajuan yang sangat pesat, satu hal yang sayangnya luput dari perhatian RIM selaku pembuat Blackerry, namun akhirnya RIM pun terbangun dan sadar akan pangsa pasarnya yang kian digerogoti Iphone dan Android, sehingga hanya menyisakan 25 persen kue pasar di Amerika pada tahun 2010. 

Tahun demi tahun telah berlalu, Blackberry kini semakin jauh tertinggal walaupun sempat memproduksi OS BB10 yang diharapkan akan meningkatkan penjualan, namun hasilnya tidak menggembirakan, sehingga pada 2013 pangsa pasar Blackberry secara global hanya menyentuh angka 1,9 persen sehingga menempatkan Blackberry pada posisi ke 4 pangsa pasar Smartphone, jauh di bawah Windows phone di posisi ke 3 dengan 3,3 persen market share seperti dilansir oleh International Data Corporation (IDC).

Kini kabar mengejutkan datang dari Blackberry, seolah menyerah dengan kegagalannya yang ditandai dengan terus meruginya perusahaan, RIM sang pembesut blackberry kini memproduksi ponsel dengan OS Android, yang dinamakan Blackberry Priv. Kabarnya ponsel ini juga akan menjadi smartphone terakhir Blackberry andaikan penjualan Blackberry priv rasa android ini gagal di pasaran. Banyak kalangan menilai langkah RIM memproduksi Blackberry Android saat ini menjadi cara yang paling masuk akal mengingat persaingan dengan Iphone dan Android semakin berat. Dengan diproduksinya Blackberry Priv, diharapkan RIM bisa menikmati kue Android yang sebenarnya telah sesak dengan banyaknya vendor yang mengusungnya, itu artinya RIM dengan ponsel Blackberry Androidnya akan bersaing dengan banyak kompetitornya sesama Android seperti Samsung, LG, Sony, Xiaomi, dan belum lagi merek-merek lokal seperti advan, mito, evercoss dll.

Lalu bagaimana nasib OS BB10 yang sempat digadang-gadang menjadi OS andalan RIM? Seperti diketahui, bahwa RIM sendiri sebenarnya memiliki OS yang terbaru yaitu OS Blackberry 10, dimana keunggulan OS ini yakni salah satunya dapat menjalankan aplikasi Android. Namun OS Blackberry 10 ini ternyata belum berhasil mengangkat kembali pamor Blackberry yang hingga kini masih redup. Oleh karena itu dengan diproduksinya Blackberry Android, maka timbul pertanyaan “bagaimana nasib OS Blakcberry 10 ke depannya?” hal ini tentu penting khususnya bagi fansboy Blackberry yang terlanjur membeli Blackberry dengan OS Blakcberry 10. Jawabannya, silakan disimak artikel selanjutnya. :)
Salam semangat.

Advertisement

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment

Jika berkunjung jangan lupa meninggalkan jejak di kolom komentar yah :D

 
Top