Button merupakan salah satu bagian penting dalam media interaktif pada flash. Button berfungsi untuk mengatur sistem navigasi dari aplikasi yang anda buat. Dan pada Button tersebut disisipkan actionscript untuk menjalankannya.
 
Berikut ini cara membuat Basic Button simple :
1. Buatlah sebuah file baru dengan memilih menu File > New. Pada kotak dialog New Document pilih opsi ActionScript 2.0
2. Atur luas stage sesuai kebutuhan termasuk Frame Rate yang digunakan pada panel Properties.
 
 Panel Properties

3. Ubah nama Layer 1 menjadi Tombol. kemudian buat sebuah kotak pada stage dengan menggunakan rectangle tool pada panel tools. Sebelum membuat kotak pada stage, perhatikan panel properties dan atur warna sesuai keinginan anda dan sudut kotak yang dibuat sesuai keinginan anda. 
                Ubah nama Layer                    Tool Bar                                                        Panel Properties

4. Tambahkan teks "Tombol1" pada kotak yang telah anda buat tadi menggunakan teks tool. Kemudian perhatikan panel Properties, atur jenis teks menjadi Static Teks dan atur jenis font dan ukuran sesuai keinginan anda.
Panel Properties

5. Kemudian jadikan kotak dan teks yang baru dibuat tadi sebagai Button. Caranya, seleksi kotak dan teks tersebut kemudian pilih menu pilih Modify > Convert to Symbol atau dengan menekan tombol F8 pada keyboard. pada Panel Conver to Symbol ketikan "Tombol1" pada kolom name dan pilih type Button, lalu klik tombol OK.
 
 Panel Conver to Symbol

6. Setelah Button selesai dibuat, langkah selanjutnya double klik Button yang tadi dibuat. Maka ada empat inputan pada timeline seperti gambar dibawah.
Tampilan Isi Button

7. Pada "Up", bagian ini adalah untuk menampilkan Button yang di buat ketika kursor tidak menyeleksi / diatas Button tersebut.
8. Pada "Over", bagian ini adalah untuk menampilkan Button  yang dibuat ketika kursor menyeleksi / diatas Button tersebut. Pada bagian ini saya menggunakan Movie Clip yang berisi Tulisan tangan dengan cara masking, lihat caranya di Movie Clip Membuat Tulisan Tangan.
9. Pada "Down", bagian ini adalah untuk menampilkan Button yang dibuat ketika kursor memilih / mengklik Button tersebut. Buatlah seperti contoh berikut atau bisa juga dikreasikan sesuai keinginan anda.
10. Pada "Hit", bagian ini adalah untuk menampilkan Button yang dibuat ketika Button telah di klik atau di eksekusi. Buatlah seperti contoh berikut atau bisa juga dikreasikan sesuai keinginan anda.
 Up, Over, Down dan Hit

11. Untuk menambahkan efek suara, tentukan bagian pada timeline yang ingin disisipi suara dengan mengklik / memilih (Up, Over, Down, Hit) kemudian pilih menu file pada menu bar kemudian pilih Import > Import to Stage atau dengan menekan tombol Ctrl+R pada keyboard.
Import Suara

 12. Buat "Tombol2" dengan mengulangi langkah 4 dan 11 atau bisa juga dengan cara menduplikat Tombol1 dari Panel Library. Kemudian ubah name Tombol1 Copy menjadi Tombol2. Drag Tombol2 pada Panel Library kedalam Stage.
Duplicate Tombol1 pada Panel Library

13. Insert Layer pada timeline dan ubah nama layer menjadi konten, pastikan letak Layer konten berada dibawah layer tombol agar tombol tetap terlihat. Kemudian pada frame ke satu buat sebuah kotak sebesar atau seukuran stage dengan warna sesuai keinginan anda. Dan tekan tombol F6 pada keyboard, buat kotak dengan ukuran yang sama tetapi berbeda warna pada fram ke 2.
Insert Layer Konten

14. Insert Layer dan beri nama Script. Selanjutnya, klik frame ke 1 lalu pilih menu windows > Actions atau dengan menekan tombol F9 pada keyboard. masukkan script seperti dibawah ini :
stop();
Actions Layer Script frame 1

Kemudian tekan tombol F6 pada Layer Script, dan masukan script di bawah ini
stop();
 Actions Layer Script frame2

15. Pada Layer Tombol, pilih frame ke 1. Kemudian pilih Tombol2 dan klik kanan pilih Actions serta masukkan Script berikut ini :
on (release) {gotoAndPlay(2);
}
Actions Layer Tombol frame 1

Biarkan Tombol2 Kosong tanpa script.
16. Selanjutnya, masih di Layer Tombol. Insert Keyframe, pilih Tombol1 dan klik kanan pilih Actions serta masukkan script berikut ini :
on (release) {gotoAndPlay(1);
}
 
 Actions Layer Tombol frame 2

Hapus script Tombol1 agar Kosong tanpa script.
17. Untuk melihat hasil yang telah dibuat klik Ctrl+Enter.
Dan seperti biasa, terima kasih sudah mengunjungi Klikdrag.com. Semoga bermanfaat.
Baca juga :
Membuat Tombol Play
Membuat Tulisan Tangan

Advertisement

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment

Jika berkunjung jangan lupa meninggalkan jejak di kolom komentar yah :D

 
Top