Bagi yang baru mengenal dunia website, tentu bingung dengan pemilihan aplikasi yang cocok dalam penulisan koding. Dan ini balik lagi ke awal niat temen temen karena saya menyarankan boleh mencoba semua aplikasi tersebut namun pada akhirnya hanya salah satu yang akan dipakai karena tingkat kemudahannya juga keterbiasaan kita menggunakan aplikasi tersebut..

Baik, dari judul tersebut saya menyebutkan lebih baik pilih Web Page Authoring Atau Text Editor? dan akan saya jelaskan secara rinci satu persatu..

Untuk yang pertama adalah kita mulai dari Web Page Authoring

Web Page Authoring

Aplikasi ini mempunyai istilah WYSIWYG Get (whizzy-wig) yaitu What You See Is What You yang artinya adalah apa yang kamu lihat, itulah yang kamu dapatkan. Web Page Authoring berbasis GUI yaitu graphical user interface artinya kita bisa melihat langsung hasil kode kita tanpa menggunakan web browser dan biasanya aplikasi ini sering digunakan oleh web Designer karena tampilannya yg mudah untuk dipelajari. dibawah ini adalah beberapa contoh software Web Page Authoring:



cara mudah menggunakan Adobe dreamwaver
Adobe DreamWeaver
Perusahan milik Adobe memang selalu update dalam pengembangan softwarenya, software ini tentunya tidak gratis alias berbayar. Silahkan dicoba melalui website resminya


Microsoft Expression We

Microsoft juga tidak kalah hebat, karena mempnyai aplikasi yang serupa dengan Dreamweaver dan software ini mempunyai perancangan powerfull yang profesional


PHP Designer

PHP mempunyai kepanjangan Personal Home Page, jangan berfikir ini hanya digunakan untuk kebutuhan PHP saja, karena software tersebut mampu menjalankan beberapa script atau kode bahasa pemrograman yang lain juga

NVU
Jika mau coba yang gratisan, bisa coba dengan NVU


Text Editor

Nah lanjut yang kedua adalah Text Editor, bagaimana perbedaan antara Web Page Authoring dengan Text Editor? Sebenarnya jika kita melihat dari kegunaan software tersebut tentu sama saja yaitu untuk meload kode kita kedalam sebuah web browser, akan tetapi tentu semua software mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing masing. Jika kita melihat perbedaan antara Web Page Authoring dan Text Editor adalah Text editor menggunakan Non MYSIWIG artinya dia tidak GUI alias CLI, yuph tampilannya tidak user friendly karena hanya menggunakan text dan beberapa warna berbeda pada setiap text. Dan dibawah ini adalah beberapa contoh software Text Editor:
  • Notepad

Notepad adalah paket yang tertanam didalam sistem operasi windows, jika temen temen menggunakan sistem operasi windows, tidak ada salahnya menggunakan notepad sebagai texteditor.
  • Sublime

Setelah itu sublime text3, ini yang saya suka yuph meski berbayar tapi kelebihannya banyak banget, selain interfacenya yg ringan juga banyak deh kelebihan yg lainnya.
  • Atom

Atom ini biasanya digunakan oleh orang orang pengguna Apple atau Macintos, akan tetapi sekarang sudah support buat windows juga, jadi jangan berkecil hati karena kita bisa mencobanya jika menggunakan windows.
  • Coda

Selanjutnya di susul oleh coda, banyak banget yg menggunakan coda sebagai aplikasi penunjang untuk kebutuhan pembuatan website, salah satunya ya Coda text editor ini.
  • Textmate

Textmate juga tidak kalah sama Coda, karena textmate bisa bersaing dengan Coda dkk.
  • Bbedit

Nah kalo BBEdit ini merupakan texteditor khusus buat macintos, jika temen temen menggunakan Apple, bisa dicoba software Bbedit texteditor ini.

Dan sebenarnya masih banyak banget software lain yang berada diluar sana, saya hanya membagi beberapa saja, jadi jangan jadi patokan bahwa ini sudah lengkap yah temen temen, teknologi itu selalu update dan kemungkinan ditahun yang mendatang akan ada software lebih baik dari yang sudah saya sebutkan diatas.

Oke tutorial masih berlanjut nih kawan, tunggu updatennya yah.. :)

Advertisement

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment

Jika berkunjung jangan lupa meninggalkan jejak di kolom komentar yah :D

 
Top