Hai.. sahabat Klikdrag.com,
Kali ini kita akan membahas tentang STAGE yang terdapat pada Adobe Flash CS3.


Stage merupakan halaman kerja pada flash, dimana seluruh objek atau animasi yang kita rancang terdapat pada stage ini. Area kerja tersebut memiliki 2 bagian, yaitu bagian luar (diluar kotak berwarna putih) dan bagian dalam (kotak berwarna putih).
Stage

Animasi yang telah dibuat di stage bagian luar tidak akan tampil di file .swf ataupun format file lainnya. Tetapi objek atau animasi yang berada di stage bagian luar dapat ditampilkan dalam format .swf dengan catatan pilihan Show All di menu View,  harus diaktifkan terlebih dahulu. 

Selanjutnya tekan Ctrl+F3 (tanpa menyeleksi satu objekpun pada stage) untuk menampilkan panel properties, kemudian atur stage yang telah dibuat sesuai kebutuhan. Maka akan tampil seperti di bawah ini :
Panel Properties

  1. Frame rate ; berfungsi untuk mengatur kecepatan memainkan frame dalam 1 detik pada file yang dibuat. Misalnya anda mengisikan 20 fps, itu berarti dalam waktu 1 detik 20 frame akan dimainkan. Semakin besar nilai frame rate, maka akan semakin cepat dan halus hasil animasi yang dibuat.
  2. Background : berfungsi untuk menentukan warna pada stage. warna standar background adalah putih dan merupakan warna solid (satu warna). Jika anda ingin memberikan warna radial atau gradasi pada stage, sebelumnya anda harus membuat sebuah objek persegi panjang yang telah diberi warna radial atau gradasi dengan ukuran yang sama persis dengan ukuran stage yang telah dibuat.
  3. Size : berfungsi untuk mengatur ukuran stage.  Cara menrubah ukuran stage yaitu, tekan tombol yang bertuliskan ukuran stage yang berada di sebelah tulisan size maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini :
Document Properties

1.  Title :  digunakan untuk memberi judul pada document flash anda
2.  Description : digunakan untuk memberikan deskripsi tentang document flash anda
3.  Dimensions : digunakan untuk mengatur ukuran width (panjang) dan height (lebar) stage
4.  Match :
  • Printer      : digunakan untuk menyamakan ukuran stage dengan ukuran kertas printer
  • Contents : digunakan untuk memperbesar atau memperkecil ukuran stage sesuai letak dan ukuran konten yang dibuat
  • Default    : digunakan untuk menyamakan ukuran stage sama dengan ukuran default
5. Background color : digunakan untuk memilih warna backgound pada stage
6. Frame rate : digunakan untuk mengatur kecepatan frame yang dimainkan dalam 1 detik
7. Ruler units : digunakan untuk memilih satuan ukuran yang digunakan pada ukuran panjang dan lebar .
8. Make Default : digunakan untuk menyimpan perubahan yang dilakukan di panel Document Properties ini dan menjadikannya setingan default.


Semoga bermanfaat,
Salam Klikdrag.com

Advertisement

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment

Jika berkunjung jangan lupa meninggalkan jejak di kolom komentar yah :D

 
Top