Hai sobat Klikdrag.com, tentu kita sering menemukan data- data atau tulisan-tulisan yang berada di dalam sekumpulan kotak, atau biasa disebut tabel.

Tabel merupakan dokumen yang mengorganisir sekumpulan data. Tabel terdiri dari kolom (colum) dan baris (row), dimana kolom merupakan kotak mendatar, dan baris adalah kotak menurun. Pertemuan kolom dan baris disebut dengan "Sel (Cells)".

Kita dapat membuat tabel baik dengan ukuran sel yang seragam, maupun dengan ukuran sel yang beragam tergantung kebutuhan. Setelah tabel dibuat, maka kita dapat memasukkan data berupa tesk, angka, maupun gambar-gambar ke dalam sel tersebut. Microsoft Word memiliki fitur untuk membuat tabel melalui menu Table. Dengan fasilitas ini kita dapat membuat dan mengelola tabel dengan mudah. Pada menu tersebut, kita dapat membuat tabel, menghapus tabel, menyortir data, menyisipkan kolom, menyisipkan baris dan perintah-perintah lainnya.

Membuat Tabel
1. Dalam membuat tabel, sebaiknya kita ketikkan terlebih dahulu judul tabel tersebut, kemudian posisi kursor diletakkan persis di bawah judul tabel. Misalnya kami hendak membuat tabel dengan judul "Nilai Mata Pelajaran TIK Kelas XI"
 

2. Klik Menu Insert, pilih Table, kemudian klik dan drag hingga muncul jumlah kotak yang dibutuhkan. Selain cara tersebut, kita juga dapat melakukannya dnegan cara klik insert table untuk menentukan jumlah kolom dan barisnya, lalu klik OK.

3. Kemudian ketikkan data yang ingin dimasukkan ke dalam tabel.


Mengelola tabel
Ketika tabel telah dibuat, maka kolom dan baris masih dalam keadaan standar, oleh karena itu tabel perlu dikelola sehingga sesuai dengan kebutuhan.

1. Mengubah ukuran kolom dan baris
Mengatur lebar kolom dan baris dapat dilakukan dengan mudah. Pertama-tama posisikan kursor pada baris pemisah kolom yang ingin dilebarkan, pastikan kursor berbentuk . Setelah itu klik dan drag (geser) ke kanan atau ke kiri untuk melebarkan atau mengecilkan kolom. Kita juga dapat menggunakan fitur autofit jika menghendaki agar ukuran lebar kolom sama. Caranya yaitu dengan memblok sejumlah kolom yang dibutuhkan, lalu klik menu layout, dan pilih autofit. Kemudian ubah ukuran Distribute Columns yang terdapat di atas autofit untuk lebar kolom, dan Distribute rows untuk tinggi baris.


2. Menyisipkan kolom dan baris
Jika kolom atau baris tidak mencukupi untuk memasukkan data yang dibutuhkan, maka diperlukan tambahan kolom atau baris. Cara menyisipkan kolom atau baris yakni dengan meletakkan kursor pada kolom atau baris yang hendak disisipkan, kemudian klik kanan pada kolom atau baris tersebut. Apabila hendak menambahkan satu buah kolom di samping kolom terakhir, maka pilih Insert Columns to the Right, namun apabila ingin menambahkan kolom di sebelah kiri kolom yang ada, maka klik Insert Columns to the Left. Untuk menambah baris, ada bisa menekan tombol Tab pada keyboard.
Menyisipkan 1 kolom sebelah kanan kolom terakhir
3. Menghapus kolom dan baris
Apabila terdapat kolom yang tidak diperlukan, kita dapat menghapusnya dengan cara memblok pada kolom yang dingin dihapus, lalu klik kanan pada area yang diblok tersebut, pilih delete columns. Namun jika Baris yang ingin dihapus, maka caranya yakni memblok baris yang akan dihapus, lalu klik kanan pada area yang diblok, pilih Delete cell, kemudian klik Shift Cell Left.

4. Menggabungkan cell
Kolom dan atau baris juga dapat digabungkan (merge), caranya yaitu, klik kolom atan baris yang hendak digabungkan, lalu klik kanan pada area yang diblok, kemudian pilih menu Merge Cells.

Menggambungkan Cell

Nah begitulah cara membuat dan mengelola tabel, sobat bisa improve sendiri untuk dapat menggali lebih dalam tentang  cara mebuat dan mengelola tabel pada microsoft word.

Ini juga perlu dibaca lho.... !!!

Advertisement

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment

Jika berkunjung jangan lupa meninggalkan jejak di kolom komentar yah :D

 
Top