Photo Credit : Cronosal.web.id
Penggunaan komputer pada era globalisasi seperti  sekarang ini bagaikan suatu kebutuhan pokok. bagaimana tidak, karena berbagai macam kegiatan dalam kehidupan sehari-hari dan di berbagai bidang baik industri, perdagangan, pendidikan, perkantoran, dan lain sebagainya tidak lepas dari penggunaan komputer. Kita dapat membuat tulisan seperti surat, membuat naskah, undangan, mendesain presentasi kerja, membuat desain bangunan, dan sebagainya dengan bantuan komputer.
Namun demikian, komputer dapat melakukan berbagai macam tugas tersebut hanya jika kita mampu mengoperasikannya. Oleh karena itu mutlak diperlukan kemampuan khusus untuk dapat menggunakan dan mengoperasikan komputer.

Beberapa macam operasi dasar komputer diantaranya adalah bagaimana cara menyalakan dan mematikan komputer, program dan aplikasi apa pada komputer yang dapat digunakan untuk keperluan tertentu, dan juga memahami hardware atau perangkat keras yang dapat menunjang sebuah komputer agar dapat melakukan tugas yang kita perlukan. Oleh karena itu, klikdrag.com mencoba menguraikan materi tersebut pada sebuah artikel ringan dan ber-seri seperti yang sedang dibaca ini.

Pengenalan Komputer
Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat menunjang berbagai pekerjaan manusia.  Sebagai produk teknologi yang canggih, komputer hanya dapat berguna jika memenuhi setidaknya tiga syarat, yakni (1) pemakai atau user/brainware, (2) perangkat keras atau hardware, dan (3) perangkat lunak atau software.
Menurut istilah, komputer berasal dari kata compute, yang artinya menghitung. Oleh karena itu, setiap proses yang dilaksanakan oleh komputer merupakan proses matematika. Segala sesuatu yang dilakukan oleh oleh komputer, baik yang ditampilkan pada layar monitor berupa teks, gambar, warna, video, maupun dikeluarkan berupa suara oleh speaker, merupakan hasil perhitungan secara elektronik.
Jenis-Jenis Komputer
Saat ini terdapat beberapa jenis komputer yang digolongkan berdasarkan fungsi dan kebutuhan untuk apa komputer itu digunakan.
  • Super Komputer : Komputer yang digunakan untuk aplikasi yang menangi perhitungan yang sangat kompleks, misalnya ramalan cuaca atau perancangan roket. Oleh karena itu komputer ini memiliki keunggulan proses yang paling cepat dibandingkan jenis komputer lainnya. Komputer jenis super ini tersusun atas 9.152 prosesor pentium p6 yang memiliki kecepatan leibh dari 1,3 trilyun perdetik. IBM telah menyelesaikan proyek super komputer dengan nama Blue Storm  yang berkecepatan 20 trilyun intruksi perdetik.
  • Mainframe atau komputer besar : Merupakan komputer yang khusus menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar. Ukuran komputer ini sangat besar bahkan lebih tinggi dari manusia. Kecepatan komputer ini mencapai 50 hingga 20.000 MFLOPS. Contoh komputer jenis mainframe ini yakni IBM S/390. 
    Photo Credit : ibmmainframes.com
  • Minicomputer atau komputer kecil : Komputer jenis ini dapat juga disebut dengan sistem Midrange, dimana kegunaannya adalah untuk melayani jaringan dengan terminal yang sederhana. Biasanya digunakan sebagai server pada perusahaan berskala menengah. Komputer ini memiliki kecepatan 3-1.000 MLOPS. Contoh komputer ini misalnya IBM AS/400
  • Workstation atau terminal kerja : Merupakan komputer yang cukup bertenaga, dan digunakan untuk perhigungan yang rumit dengan kecepatan 50-500MLOPS. Biasanya komputer ini menggunakan sistem operasi UNIX atau NT. Komputer ini dilengkapi dengan processor RISC seperti digital Alpa dan MIPS.
  • Mikrocomputer : Merupakan personal computer atau komputer pribadi. Komputer ini adalah jenis komputer yang diproduksi secara massal dengan harga yang terjangkau. Kecepatan komputer ini mencapai 1-50 MLOPS. PC biasanya menggunakan sistem operasi Windows, Linux, dan atau MAC OS. Microcomputer dapat dikelompokkan menjadi Desktop PC, Tower PC, Notebook, Palmtop, PDA, dan Laptop.  (1) Desktop, komputer yang berukuran cukup besar dan umumnya memiliki case (kotak cpu). Digunakan pada rumah atau kantor. (2) Tower Pc, merupakan komputer yang memiliki casing yang dapat diletakkan dalam keadaan berdiri. (3) Laptop, merupakan komputer yang dapat dibawa bepergian atau mudah dipindahkan karena memiliki ukuran yang kecil. Laptop didisain kompak lantaran teritegrasi antara cpu, keyboard, dan layar monitor. (4) Notebook, sama seperti laptop hanya saja ukurannya sedikit lebih kecil. (5) Personal Assitant Digital, Jenis komputer genggam yang menggunakan pena sebagai pengganti laptop. (6) Palmtop, merupakan PC genggam yang berukuran sedikit lebih besar dari kalkulator.
  • Microcontroler : disebut juga dengan Embedded Computer, merupakan komputer yang terdiri dari mikroprosessor yang dipasang pada perangkat elektornik cerdas seperti mobil, atau lift. Mikroprosessor ini membuat perlatan menjadi terprogram.


Baca Juga :
Personal Computer dan Komponen Pendukungnya



Advertisement

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment

Jika berkunjung jangan lupa meninggalkan jejak di kolom komentar yah :D

 
Top