Komponen Komputer
Sebuah komputer teridiri dari berbagai komponen fisik yang saling berkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya sehingga komputer tersebut dapat beroperasi dengan normal. Secara sederhana, komponen-komponen tersebut meliputi CPU (central processing unit) beserta komponen-komponen pendukungnya, layar atau monitor, serta Keyboard dan mouse.
Selain komponen-komponen fisik tersebut, komputer juga membutuhkan perangkat lunak atau software Tanpa software, sebuah komputer tidak dapat difungsikan walaupun komponen-komponen fisiknya telah lengkap. Jadi sebuah komputer dapat berfungsi hanya jika komponen-komponennya terpenuhi, baik perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software).
Pada bahasan kali ini klikdrag.com akan mengulas dan menguraikan secara sederhana (sedapat mungkin menghindari bahasa-bahasa teknis agar mudah dipahami oleh pembaca) tentang komponen-komponen pendukung sebuah personal komputer atau PC. Dengan artikel ini, sobat klikdrag.com juga dapat mempelajari cara merakit sebuah PC lho ... Keren kan!

CPU (Central Processing Unit)
Image Credit : id.wikipedia.ord
CPU (selanjutnya kami sebut dengan prosessor) merupakan komponen komputer yang bertugas menerima, memproses, dan melaksanakan perintah serta mengolah data dari suatu perangkat lunak. Oleh karena itu CPU sering juga disebut dengan prosessor, dan karena vitalnya peran dari sebuah CPU maka CPU sering dianggap sebagai otak dari sebuah komputer.
CPU terdiri dari berbagai komponen, diantaranya yaitu (1) Unit control yang bertugas mengatur jalannya suatu program, (2) Register yang memiliki fungsi sebagai media penyimpanan sementara atau disebut juga dengan memory, dan memiliki akses kecepatan yang sangat tinggi, (3) ALU, merupakan komponen yang bertugas untuk melakukan perhitungan aritmetika sesuai dengan instruksi program, (3) CPU Interconnections, merupakan sistem koneksi dan bus yang berfungsi sebagai penghubung komponen internal cpu seperti unit control, register-register, serta bus eksternal cpu seperti memory utama (RAM), perangkat masukan, dan perangkat keluaran.

Baca Juga : Jenis-Jenis Processor Intel dan AMD

RAM (Random Access Memory)
Image Credit : tuntor.com
RAM merupakan komponen yang berfungsi sebagai media penyimpanan sementara pada saat komputer menyala. Jika komputer dimatikan, maka data yang tersimpan pada RAM akan hilang secara otomatis. RAM memiliki kemampuan dalam menampilkan dengan sangat cepat, karena ram dapat mengakses data secara acak (random). Oleh karena itu ram sering disebut sebagai memori utama pada komputer.

Baca juga : Jenis-Jenis RAM





Hard Disk 
Image Credit : fthmb.tqn.com
Hard Disk (HD), atau dapat juga disebut dengan Hard Disk Drive (HDD), merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan data secara permanen, oleh karena itu, data-data yang disimpan pada hardisk tidak akan hilang walaupun komputer dimatikan (shutdown).

Baca juga : Pengertian dan jenis-jenis hardisk




VGA (Video Graphic Array)
Imga Credit : cdn.shopclues.com
Dapat juga disebut dengan nama Video Card, Graphic Board, Graphic Adapter, Display Adapter,  atau Graphic Card. Istilah VGA dengan berbagai sebutannya, mengacu pada komponen komputer yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar. Oleh karena itu, dengan bantuan VGA, komputer dapat menampilkan data-data digital ke dalam bentuk gambar pada layar monitor. Layaknya sebuah komputer, VGA juga terdiri dari beberapa komponen penting yang memiliki berbagai tugas yang berbeda. Komponen-komponen tersebut yakni GPU atau general processing unit yang bertugas melakukan sebuah proses, dan Memory yang dapat membantu GPU dalam melakukan proses tersebut.

Baca juga : Jenis-Jenis VGA


PSU (Power Supply Unit)
Power Supply Unit
Dalam bahasa Indonsia, Power supply dapat disebut dengan catu daya. Oleh karena itu power supply bertugas menyediakan energi listrik bagi perangkat elektronik yang memerlukan daya listrik agar dapat berjalan/berfungsi sebagaimana mestinya. Pada sistem komputer, power supply bertugas menyupplai daya listrik untuk komponen-komponen komputer seperti Motherboard, Hardisk, DVD, dan lain-lain.





Motherboard / Mainboard
Motherboard
Motherboard adalah komponen yang berperan cukup vital dalam sebuah komputer, dimana tugas sebuah motherboard yaitu mengatur hal-hal teknis seperti BIOS (Basic Input Output System), Chipset (Pengatur koneksi input-output), RAM, VGA Card, Processor, Hard disk, serta komponen-komponen lainnya.
Secara fisik motherboard merupakan papan PCB yang menjadi media penghubung satu perangkat keras dengan perangkat keras lainnya, dimana perangkat-perangkat keras seperti processor, ram, vga card, hardisk, power supply, printer dan lain-lain diletakkan (dihubungkan) pada motherboard sehingga komputer dapat berfungsi dengan baik.

Baca juga : Macam-Macam Motherboard



Monitor 
Monitor LED
Tanpa monitor, sebuah komputer tidak dapat digunakan dengan maksimal, karena data dan informasi yang diproses dan dihasilkan oleh komputer dapat disajikan dalam bentuk visual oleh sebuah perangkat keras yang disebut monitor. Dengan kata lain, monitor merupakan hardware yang berfungsi untuk menampilkan data dan atau informasi dari sebuah komputer dalam bentuk visual






Mouse dan Keyboard
Mouse & Keyboard
Mouse dan keyboard merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk meng-input (memasukan) data dan informasi untuk diproses oleh komputer. Secara fisik mouse berbentuk seperti tikus, dimana cara penggunaannya yaitu dengan menggeser-geserkannya pada permukaan yang datar dan menekan salah satu dari tiga tombol yang terdapat pada mouse. Sedangkan keyboard berbentuk papan yang memiliki berbagai tombol, baik tombol angka, huruf, symbol, dan lain-lain yang mempunyai fungsi masing-masing.

Advertisement

Post Comment

0 komentar:

Post a Comment

Jika berkunjung jangan lupa meninggalkan jejak di kolom komentar yah :D

 
Top